Nyonya Indo

Info Terbaru

Sejarah Batik

Sejarah Batik

Di Negara Indonesia kesenian batik telah dikenal sejak lama , dari Kerajaan Majapahit hinggameluas ke seluruh bagian Indonesia yang lain, sedangkan di pulau Jawa batik berkembang setelah akhir abad ke-18, terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa.Menilik pada catatan yang adq Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakartalah yang melestarikan dan mengembangkan batik hingga saat ini.Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga kerajaan di Indonesia zaman dahulu.

Pada awalnya pembesar kraton dan raja – rajalah yang memproduksi dan mengenakan kesenian batik tersebut sebagai identitas kebangsawanannya,  Pada perkembangannya, asal usul batik mulai menarik perhatian pembesar kerajaan Majapahit. Motif-motif abstrak, motif candi, awan, dan fenomena alam yang lain mulai dikembangkan pada masa itu. Media penggambaran batiknya pun mulai meluas hingga akhirnya secara umum dikenalkain putih atau kain-kain berwarna terang menjadi pilihan utama karena dianggap lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk pemanfaatan yang lebih banyak. sesuai dengan perkembangan sosial dan struktur kerajaan yang semakin meluas maka kesenian batik ini terbawa keluar dari benteng keraton  dan memberikan pengaruh kepada masyarakat sekitarnya.Hingga akhirnya kesenian batik ini ditiru oleh rakyat pada umumnyadan kesenian tersebut meluas sehingga menjadi pekerjaan kaum wanita rumah tangga untuk mengisi waktu luang mereka.

Diperkirakan kesenian batik ini telah diketahui teknologinya sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu, hingga abad 20 batik yang dihasilkan merupakan batik tulis lalu muncul teknik pengembangan baru yaitu Batik cap, yang dikenal sekitar tahun 1920.pewarna yang digunakan adalah dari tumbuh-tumbuhan antara lain pohon sogadan mengkudu.

Tags:

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat
Positive SSL