Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara Digelar 19 September 2015

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara untuk yang ke-5 kalinya digelar ini, diharapkan Ketua Umum  Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN), Ayu Dyah Pasha, bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga warisan budaya Indonesia dan dapat menumbuhkan jiwa bisnis mereka dalam garmen batik.

“Peserta terpilih sebanyak 66 semifinalis dari seluruh Indonesia . Nantinya, akan dikecilkan lagi jumlahnya sebanyak 14 pasang putra dan putri sebagai finalis untuk maju ke babak final. Audisi finalis dilakukan 19 September 2015, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia,” ucap Ayu Dyah Pasyah pemain film Komedi Modern Gokil, Selasa (15/9/2015) sore di Batik cafe, Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Latar belakang prakarsa digelarnya acara ini, menurut Ayu Dyah Pasha,  setelah batik Indonesia diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia dan diberikan penghargaan sebagai ‘The Intangible Heritage of Humanity’ di tahun 2009. Selain untuk menjaga warisan budaya bangsa ini, para terpilih Putra Putri Batik Nusantara juga, diharapkan dapat mengembangkan batik dan menjadi pengusaha baru di garmen batik.

“Mereka diedukasi mulai dari bagaimana membuat batik itu sendiri,diberi pengenalan batik printing, batik tulis, diajarkan management langsung dari para pengusaha batik. Dan dari tangan mereka, tidak saja akan terlahir inovasi batik yang menarik, tapi juga berkembang lewat media busana beragam model, yang tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri, baik bagi usia muda atau anak-anak,” terang Ayu Dyah Pasha.

Bu-Pris-7

Sementara itu, mantan Wamen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar yang kini sebagai penasehat IPBN, menuturkan, bahwa efek dari kegiatan ini, diharapkan berdampak positif bagi industri batik baik domestik maupun manca negara.

“Dampak dengan even ini, batik jadi banyak disukai anak-anak muda. Batik dibuat beragam model busana, baik untuk laki dan perempuam. Dan ditingkat dunia, dengan beragamnya model busana batik yang diciptakan beragam oleh para Putra Putri Batik Nusantara terpilih ini, menjadi semakin dikenal,” tandas Sapta.

Even ini, juga diikuti sejumlah pengusaha batik, seperti pengusaha batik Priscilla Saputro, Novita Yunus, Lenny Agustin.

“Kami, sangat medukung acara ini, dan memfasilitasi mereka dengan mengedukasi batik mulai pengenalan dasar hingga mahir,” ungkap Novita Yunus.

Source: http://www.mediabintang.com/read-956-2015-09-17-pemilihan-putra-putri-batik-nusantara-digelar-19-september-2015.html