1425196536

Batik Banyuwangi Tampil di Indonesia Fashion Week 2015

Batik Banyuwangi, yang merupakan satu-satunya batik pesisiran dengan nilai filosofi khusus ditampilkan di hari ketiga Indonesia Fashion Week (IFW) 2015 di Jakarta Convention Centre (JCC), Sabtu (28/2). Menggandeng desainer batik Priscilla Saputro, fashion show kali ini mengangkat tema “Novum Etno: Colorful Banyuwangi”.

Novum, yang dalam bahasa latin berarti “baru”, dimaknai Priscilla sebagai fashion yang up to date dan modern, sekaligus semangat untuk memperbaharui. Lalu etno merujuk kepada kekuatan tradisi dan budaya Banyuwangi, yang masih terjaga sampai saat ini. Sementara colorful Banyuwangi, berarti keragaman alam maupun budaya Banyuwangi, yang diterjemahkan Priscilla lewat warna batik yang colorful.

“Semangat untuk maju yang diperlihatkan Banyuwangi juga menginspirasi saya untuk memilih desain bernuansa androgini atau kesetaraan gender. Saya coba mengangkat unsur-unsur ketegasan pria dalam koleksi yang saya ini,” kata Priscilla Saputro, Jakarta, Sabtu (28/2).

Beberapa motif yang diangkat dalam fashion show ini antara lain kuping gajah, nanasan, gajah oling, paras gempal, kawung kopi, hingga ombak alun. Sementara material yang digunakan chiffon, sutra, beludru, linen dan cotton.

Fashion show “Novum Etno : Colorful Banyuwangi” juga turut dihadiri Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Ia berharap  batik Banyuwangi semakin dikenal luas.

“Banyuwangi akan terus mendorong, agar batik lebih produktif. Kita juga telah berkolaborasi dengan Batik Nyonya Indo dan desainer lainnya, agar ada transfer knowledge, sehingga yang meningkat dari pengrajin batik bukan hanya pengetahuannya, tetapi juga kapasitasnya,” kata Abdullah.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi juga telah rutin menggelar event Banyuwangi Batik Festival (BBF), sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan masyaraka dalam mengembangkan kekayaan batik lokal.

Penulis: Herman/FAB

 

Source: http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/253096-batik-banyuwangi-tampil-di-indonesia-fashion-week-2015.html